Kelas XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

  •  Identitas

Satuan Pendidikan            : SMA

Mata Pelajaran                 : Kimia

Kelas/Semester                : XI/I

Tema/Topik                     : Aturan Aufbau

Alokasi Waktu                : 25 menit

 

  • Standar Kompetensi:

        Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat-sifat senyawa.

     

  • Kompetensi Dasar

Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

 

  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Menjelaskan aturan Aufbau dalam penulisan konfigurasi elektron
  2. Menuliskan konfigurasi elektron suatu unsur berdasarkan aturan Aufbau

 

  • Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat :

  1. Menjelaskan aturan Aufbau dalam penulisan konfigurasi elekron
  2. Menuliskan konfigurasi elektron suatu unsur berdasarkan aturan Aufbau

Karakter siswa yang diharapkan :

o   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung jawab, Peduli lingkungan.

o   Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :

o   Percaya diri, Berorientasi tugas, dan Hasil

 

  • Materi Pokok Pembelajaran
  1. a.         Aturan  Aufbau

Penulisan konfigurasi elektron didasarkan pada aturan aufbau. Kata aufbau berasal dari Jerman yang berarti meningkat. Menurut aturan aufbau : Elektron secara bertahap menempati orbital dimulai dari yang berenergi paling rendah. Setelah orbital berenergi rendah terisi penuh, elektron menempati orbital yang energinya satu tingkat lebih tinggi, dan seterusnya sampai semua elektron dalam atom menempati orbitalnya.

Urutan-urutan tingkat energi ditunjukkan pada gambar 1.  Jadi, pengisian elektron dimulai dari orbital 1s, 2s, 2p, dan seterusnya. Pada gambar dapat dilihat bahwa subkulit 3d mempunyai energi lebih tinggi daripada subkulit 4s. Oleh karena itu, setelah 3p terisi penuh maka elektron berikutnya akan mengisi subkulit 4s, baru kemudian akan mengisi subkulit 3d.

Gambar 1. Diagram urutan tingkat energi orbital

Subkulit atau orbital-orbital elektron mempunyai tingkat energi yang berbeda. Contoh penulisan elektron berdasarkan aturan Aufbau : 7N : 1s2 2s2 2p3 (dibaca satu es dua, dua es dua, dua pe tiga)

 

  • STRATEGI  PEMBELAJARAN
    • Model                :Kooperatif (Student Teams-Achievement Divisions /STAD) di padukan dengan Picture and picture.
    • Metode              :   Ceramah dan Tanya Jawab
    • Media                :   Powerpoint, alat peraga diagram tingkat energi orbital.
  • Kegiatan Pembelajaran

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Tahap Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Keterangan

Guru

Siswa

Kegiatan Awal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan penutup

 

 

 

 

 

 

 

  1. a.    Pembukaan
  • Guru mengucapkan salam
  • Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa
  • Guru memeriksa kehadiran siswa untuk melihat kedisiplinan siswa
  • Guru memotivasi siswa dengan memperlihatkan sebuah video.

 

  1. b.   Apersepsi
  • Guru mengingatkan kembali materi kelas X (penulisan konfigurasi elektron berdasarkan jumlah elektron dalam setiap kulit (cara K, L, M, N)

 

 

  1. c.    Tujuan Pembelajaran
  • Guru menyampaikan beberapa tujuan pembelajaran :
  1. Dapat menjelaskan aturan Aufbau dalam penulisan konfigurasi elekron
  2. Dapat menuliskan konfigurasi elektron suatu unsur berdasarkan aturan Aufbau.

 

 

  1. d.   Eksplorasi
  • Guru menjelaskan penulisan konfigurasi elektron berdasarkan aturan aufbau, kemudian menjelaskan urutan-urutan tingkat energi dengan bantuan media berupa alat peraga dari kertas karton.
  • Guru memberikan contoh penulisan konfigurasi elektron berdasarkan aturan aufbau

 

  • Guru meminta kepada siswa untuk bertanya jika masih ada materi yang belum dipahami untuk menciptakan suasana yang demokratis

 

 

  1. e.    Elaborasi
  • Guru membagi 4 kelompok yang terdiri dari 3-4 orang tiap kelompoknya secara bijak untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok masing-masing
  • Guru memberikan soal sebagai bahan diskusi dan memberikan instruksi   mengenai soal yang akan didiskusikan yaitu “menuliskan konfigurasi elektron unsur Ni, Fe, Sr dan Cd”, yang dikerjakan dalam selembar kertas dimana diakhir diskusi guru akan meminta setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas
  • Guru memberitahukan bahwa nilai individu akan menjadi nilai kelompok sehingga diharapkan siswa dapat aktif dan bersungguh-sungguh mengerjakan tugas yang diberikan dalam waktu 3 menit
  • Guru mengawasi kerja setiap kelompok dan membantu siswa jika mendapat kesulitan dalam mengerjakan soal diskusi sambil memberi penilaian siswa dalam berdiskusi dengan jujur dan objektif

 

  1. f.     Konfirmasi
  • Guru menunjuk salah satu  kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dengan meminta menyusun konfigurasi elektron menggunakan kartu yang telah disediakan, kemudian di ikuti dengn kelompok lainnya.
  • Guru  memberikan penguatan berupa pujian dan tepuk tangan kepada siswa yang telah mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru meminta untuk  mengoreksi bersama hasil diskusi yang telah dipresentasikan secara komunikatif

 

  • Guru memberikan umpan balik pada siswa dengan memberikan penguatan dalam bentuk lisan yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
  1. g.    Penutup
  • Guru meminta setiap individu untuk mengerjakan soal yang dibagikan oleh guru serta meninta mengumpulkannya ketika telah selesai.

 

  • Guru meminta siswa secara komunikatif menyimpulkan point-point penting materi yang telah dipelajari hari ini
  • Memberikan penugasan kepada siswa
  • Menutup pelajaran dan mengucapkan salam
 

  • Ø Siswa menjawab salam
  • Ø Siswa berdoa dengan sunguh-sunguh
  • Ø Siswa menyebutkan nama temannya yang tidak hadir
  • Siswa memperhatikan video yang diperlihatkan.

 

 

  • Ø Siswa menyimak pertanyaan guru
  • Ø Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan sikap yang antusias berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki

 

 

 

  • Ø Siswa menyimak tujuan yang disampaikan dengan sungguh- sunguh

 

 

 

 

 

 

 

  • Siswa menyimak dan mencatat apa yang diterangkan oleh guru dengan sungguh- sungguh

 

  • Ø Siswa menyimak dan mencatat penjelasan guru dengan sungguh-sungguh

 

 

  • Ø Siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang disampaikan untuk memenuhi rasa keingintahuannya

 

 

 

  • Ø Siswa mengikuti instruksi dari guru dengan seksama dan berada dalam kelompoknya masing-masing

 

  • Ø Siswa melaksanakan instruksi dari guru dengan sungguh- sungguh dan tanggung jawab

 

 

 

 

  • Ø Siswa mulai melakukan kerjasama dalam diskusi  kelompok dengan tanggung jawab, percaya diri dan berpikir kritis sertatetap menghargai pendapat teman sekelompoknya

 

  • Ø Siswa bertanya kepada guru jika masih ada yang belum dimengerti

 

 

 

  • Ø Siswa maju ke depan dan mempresentasikan dengan rasa percaya diri dan tanggung jawab


 

  • Ø Siswa menghargai temannya yang telah mempresentasikanhasil diskusi mereka dengan memberikan tepuk tangan
  • Ø Siswa memberikan masukan atau tanggapan dengan berpikir kritis dan berpikir logis
  • Ø Siswa menanggapi dan melengkapi catatannya

 

 


  • Ø Siswa mengerjakan soal yang diberikan di selembar kertas dan mengumpulkannya

 

 

 

  • Ø Siswa menyimpulkan materi dengan rasa tanggung jawab

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

2 menit

 

 

 

 

 

 

 

1 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 menit

Fase 1

Memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase 2

Menyajikan informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase 3

Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase 4

Membantu kerja kelompok dalam belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase 5

Pemberian penghargaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase 6

Evaluasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Ø ALAT, BAHAN dan  SUMBER PEMBELAJARAN
  1. 1.    Alat dan Bahan
  • Papan Tulis
  • Laptop
  • Proyetor
  • Spidol
  • Penghapus
  • Kertas karton dengan susunan tingkat energi berdasarkan aturan aufbau

 

  1. 2.    Sumber Belajar

Sutresna, Nana. 2007. Cerdas Belajar Kimia untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama.

 

  • Ø Penilaian               
    • Ø Pedoman penilaian kognitif   

 

Teknik                  : Soal tertulis

Soal diskusi         : Tuliskan konfigurasi elektron atom-atom berikut:

  1. 28Ni
  2. 48Cd
  3. 26Fe
  4. 38Sr

Soal evaluasi :  Tuliskan konfigurasi elektron atom-atom berikut:

  1. 25Mn
  2. 56Ba

Kunci Jawaban                                                                                      Skor

Soal kuis

28Ni : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d8                                                                        5

 

  1. 48Cd : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s2 4d10                                   5
  2. 26Fe :  1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d6                                                              5
  3. 38Sr : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s2                                            5

Soal evaluasi

        25Mn : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d5                                                       5

56Ba : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s2 4d105p6 6s2                      5

 

Nilai =  x 100

  • Ø Pedoman Penilaian Afektif

 

No

Nama Siswa

Point Karakter yang dinilai

Skor Total

Antusiasme/sungguh-sungguh Percaya diri Toleransi/menghargai Tanggung jawab

Berpikir kritis

 

1              
2              
3              

 

Keterangan :

 

  1. 1.         Antusiasme/sungguh – sungguh :
  • Siswa ribut dan tidak memperhatikan = 0
  • Siswa menyimak = 1
  • Siswa menyimak dan menangggapi dengan bertanya atau mencatat = 2

 

  1. 2.         Percaya diri :
  • Siswa yang tidak menanggapi pertanyaan guru = 0
  • Siswa yang ditunjuk guru untuk menanggapi pertanyaan  = 1
  • Siswa yang mengajukan diri untuk menanggapi pertanyaan = 2

 

  1. 3.         Toleransi/menghargai :
  • Siswa tidak mendengarkan pendapat temannya saat berdiskusi = 0
  • Siswa yang mengemukakan pendapat saat diskusi = 1
  • Siswa yang menghargai perbedaan pendapat antar anggota kelompoknya = 2

 

  1. 4.         Tanggung jawab :
  • Kelompok yang tidak mengerjakan tugas = 0
  • Kelompok yang mengerjakan tapi tidak menyelesaikan tugas = 1
  • Kelompok yang menyelesaikan tugas = 2

 

  1. 5.         Berpikir kritis
  • Siswa berdiam diri saja saat berdiskusi = 0
  • Siswa memberikan pendapat saat berdiskusi = 1
  • Siswa menanggapi atau memberi masukan terhadap hasil presentasi kelompok lain = 2

 

 

 

Mengetahui,

Pontianak, 28 Juni  2012

Kepala Sekolah

 

 

 

(Hamdil Mukhlishin, S.Pd)

Guru Kimia

 

 

 

       (Julia Mujari)

 

 

 

 

 

 

 

comennya dong bro

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s